Merapat! BCA Expoversary 2024 di Hall ICE BSD City

Jakarta, Timurpos.co.id – Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-67, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) akan kembali menggelar BCA Expoversary 2024 di seluruh hall ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, pada tanggal 29 Februari hingga 3 Maret 2024. Selain itu, nasabah dan masyarakat juga bisa mengakses berbagai penawaran serta promo menarik dari BCA secara online selama 24 jam di expo.bca.co.id, dari mulai tanggal 29 Februari hingga 31 Maret 2024.

BCA Expoversary 2024 diselenggarakan untuk melanjutkan kesuksesan pelaksanaan event serupa di tahun lalu. Sebagai informasi, tahun lalu BCA menyelenggarakan dua kali expo, yakni BCA Expoversary 2023 seiring momen perayaan HUT ke-66 BCA pada kuartal I tahun 2023, serta BCA Expo 2023 pada kuartal III tahun 2023.

Dari dua kali pelaksanaan expo di tahun lalu tersebut, BCA mampu mengumpulkan total aplikasi KPR dan KKB senilai Rp46 triliun, atau meningkat lebih dari 50% dibandingkan capaian tahun 2022.

Seiring dengan kesuksesan dua kali BCA Expo di tahun 2023, new booking KPR dan KKB naik masing-masing 2,3 dan 2,6 kali lipat, dalam tiga tahun terakhir. Pencapaian ini turut mendorong outstanding KPR meningkat 11,7% YoY menjadi Rp121,8 triliun, dan KKB naik 20,8% YoY mencapai Rp56,9 triliun per Desember 2023

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, bahwa Melanjutkan kesuksesan tahun sebelumnya, serta sebagai persembahan kepada nasabah setia dalam rangka perayaan Ulang Tahun ke-67 BCA, kami kembali menghadirkan BCA Expoversary 2024 dengan penawaran-penawaran menarik untuk berbagai kebutuhan nasabah mulai dari KKB, KPR, hingga Kredit Sepeda Motor (KSM).

“Tak hanya itu, ratusan mitra juga akan berpartisipasi dalam BCA Expoversary 2024 untuk melayani kebutuhan nasabah.” kata Jahja. Rabu (28/02/2024).

Selama gelaran BCA Expoversary 2024, BCA menghadirkan penawaran bunga spesial KPR BCA 2,6% eff.p.a fixed 1 tahun, bunga spesial dan promo KKB BCA DP 0%, promo spesial kredit motor DP mulai dari 0% dari harga OTR.

BCA Expoversary 2024 juga menjadi ajang untuk menunjukan komitmen BCA dalam mendukung perkembangan UMKM, dengan menghadirkan beragam produk UMKM Bangga Lokal yang menampilkan produk-produk UMKM unggulan Indonesia. Selain itu, BCA Expoversary 2024 juga akan menghadirkan sejumlah produk unggulan dari Desa Bakti BCA hingga UMKM Binaan dan Mitra Bakti BCA.

Sebagai tambahan, pengunjung BCA Expoversary 2024 juga dapat menemukan beragam solusi perbankan, dari mulai pembukaan rekening dan kartu kredit, solusi transaksi digital, solusi pembiayaan bisnis, solusi merchant, solusi investasi, hingga solusi cash management.

“Kami berharap BCA Expoversary 2024, sebagai persembahan kami dalam perayaan ulang tahun ke-67 ini dapat menghadirkan peluang bagi para nasabah dan masyarakat untuk memiliki hunian impian, kendaraan idaman, dan beragam kebutuhan lainnya melalui berbagai program suku bunga unggulan yang ditawarkan. Oleh karena itu, kami mengundang seluruh nasabah setia dan masyarakat untuk dapat memanfaatkan berbagai keuntungan yang ditawarkan BCA Expoversary 2024 baik secara offline di ICE BSD maupun secara online di https://www.expo.bca.co.id/,” kata Jahja Setiaatmadja. Tok

Ecoton Ingatkan Masyarakat Berhenti Gunakan Plastik Sekali Pakai

Semarak Car Free Day

Gresik, Timurpos.co.id – Permasalahan sampah rupanya masih menjadi persoalan besar yang harus segera ditangani. ECOTON bersama DLH kab. Gresik dan komunitas Aksi Brantas di Gresik gelar kampanye pengurangan plastik sekali pakai pada perayaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024. Sabtu, (24/02/2024).

Pada Car Free Day hari ini tanpa ada yang unik, seperti edukasi science polusi Mikroplastik dengan Mikroskop, kostum karakter Yuyu besar dan grebek kantong plastik.

Rafika Aprilianti peneliti mikroplastik ECOTON sedih masih banyak pengunjung CFD memakai kemasan plastik sebagai bungkus makanan.

“Sebenarnya terdapat dampak kesehatan ketika memakai kemasan plastik sebagai bungkus makan, apalagi makanan dalam keadaan panas yaa.. maka senyawa kimia beracun dan mikroplastik akan lepas dan luruh sehingga mengkontaminasi makananan itu sendiri,”tegasnya.

Lebih lanjut lulusan UIN Malang ini sengaja memboyong membawa alat laboratoriun seperti mikroskop untuk ditunjukakan ke masyarakat.

“Masyarakat perlu tau wujud polusi plastik yg berpotensi bisa mengganggu kesehatan mereka, contohnya seperti mikroplastik yang faktanya telah tertelan oleh manusia melalui makanan, jd harapannya setelah mereka tau dan bisa kurangi kemasan plastik sekali pakai,”tambahnya

Sebelumnya ECOTON merelease penelitian bahwa mikroplastik sudah ditemukan dihewan air tawar seperti Yuyu (kepiting), Kerang, Ikan dan Udang.

Ditemui ditempat yang sama Nurul Fadlilah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik menjelaskan bahwa kegiatan hari ini adalah kegiatan kolaborasi Pentahelix dengan banyak pihak.

“kami cukup terbantu dengan aksi yang dikerjakan bersama-sama ini dan kami memiliki Tim Penyuluh Gresik Kawasan Merdeka Sampah (GKMS) sehingga kami bisa melakukan edukasi ke masyarakat luas untuk kurangi kantong kresek dengan grebek kantong plastik dan menggantinya dengan tas kain guna ulang”, tegasnya.

Didalam kegiatan ini juga dipamerkan promosi produk _Green Business_ seperti produk pangan sehat bebas 5P. Seperti olahan kelor, kopi, madu hutan, ikan sungai. Juga beraneka ragam produk olahan sampah organik seperti kompos padat, ecoenzym, maggot, dan kalsium cangkang telur.

Produk ini memakai sedikit bungkus plastik sekali pakai bahkan beberapa produk bisa direfill sebagai kampanye pengemasan produk ramah lingkungan. Tok

Dukung Diversifikasi dan Ketahanan Pangan Secara Ramah Lingkungan

Surabaya, Timurpos.co.id – Hingga saat ini, beras masih menjadi komoditi bahan pokok makanan utama masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, menurut Statisik Konsumsi Pangan oleh Kementan tahun 2022, beras yang dikonsumsi masyarakat Indonesia sebanyak 81,044 kilogram per kapita pertahun. Dibagi 365 hari dalam setahun, maka rata-rata setiap orang di Indonesia mengonsumsi 0,222 kg beras dalam sehari.

Jumlah penduduk pada pertengahan tahun 2023 sebanyak 278,696 juta jiwa menurut BPS. Bisa dibayangkan, berapa banyak beras yang dibutuhkan masyarakat Indonesia, yang kini semakin banyak bergantung pada beras. Bahkan terkini harga beras sudah menyentuh Rp 16.000/kg pada bulan Februari 2024. Data tersebut menjadi alarm agar pemerintah bertindak cepat untuk mengantisipasinya. Jangan sampai masyarakat tercekik harga beras.

Sejalan dengan Perpres No.66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional, diversifikasi pangan perlu dilakukan. Oleh karena itu, PT. Yafo Agro Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang Agribisnis berkomitmen untuk terus melakukan berbagai langkah nyata untuk
mendukung diversifikasi & ketahanan pangan negara.

Sekaligus mewujudkan bisnis yang
berkelanjutan yang berbasis organik sehingga lebih ramah lingkungan. Salah satunya, melalui program kemitraan Green Property budidaya Talas Pratama.

Menurut Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi mengatakan bahwa pemerintah sedang fokus untuk diversifikasi pangan dengan cara menurunkan konsumsi beras dalam 5
tahun kedepan sebanyak 5 Kg. Setelah itu fokus untuk meningkatkan konsumsi talas dari 0,6Kg perkapita menjadi 3,7kg perkapita/tahun. Hal ini dilakukan mengingat harga talas masih cukup terjangkau dari beras yang hanya Rp 5.000 – Rp 10.000/kg nya.

Sejalan dengan data diatas, PT. Yafo Agro Indonesia melalui program kemitraan Green Property budidaya Talas Pratama ingin mewujudkan bisnis yang berkelanjutan yang berbasis organik sehingga lebih ramah lingkungan.

Program tersebut dilakukan lantaran melihat dari peluang dan potensi dari bisnis yang berkelanjutan dari budidaya Talas Pratama. Mengingat produsen dari talas atau taro ini sedang dicari oleh para pelaku industri olahan makanan baik itu skala perusahaan besar maupun UMKM.

Disisi lain, harga jual umbi yang kompetitif dan kemudahan dalam merawat tanaman talas inilah yang menjadikan Program Kemitraan Green Property ini menjadi sebuah primadona alternatif bisnis yang menarik untuk para pemodal, pemilik lahan, maupun para petani.

Direktur PT YAI Sujoko mengatakan salah satu langkah nyata bisnis berkelanjutan yang ramah lingkungan diwujudkan pihaknya dengan cara penerapan Organic Farming Only. Yaitu dengan memastikan tahapan pra-tanam sampai pasca-tanam hanya menggunakan Teknik pertanian organik, khususnya untuk pemupukan hanya menggunakan pupuk organik teknologi nano.

Dirinya menjelaskan hal ini dilakukan untuk meningkatkan mutu produk serta kemudahan untuk mendapatkan sertifikasi organik. Selain itu, PT YAI mengelola lahan sendiri sebanyak 160 Hektar di Banyuwangi, Jawa Timur, yang tersebar di kecamatan Genteng, Sempu, dan Sarongan. Ini memastikan bahwa tidak ada kerusahakan lahan yang ditimbulkan dari Program Green Property ini.

Sujoko mengatakan kabar baiknya yaitu PT. YAI membuka opsi bagi para pemilik lahan di Surabaya dan sekitarnya untuk bisa ikut berkontribusi dalam program Green Property ini. Mengingat budidaya talas pratama tidak terlalu membutuhkan lahan yang luas untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karenanya, peluang ini sangat terbuka bahkan bagi pemilik lahan yang kurang luas sekalipun. Tok

Kampung Siba Klasik di Gresik Buka Toko Refill

Gresik, Timurpos.co.id – Kampung SIBA KLASIK mengadakan acara peluncuran Tokoh Refill adalah suatu kegiatan yang berhasil menarik perhatian 60 peserta dari berbagai lapisan masyarakat. Antara lain Lurah Sidokumpul, Karang Taruna, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Gresik, ECOTON, PATTIRO, RDEE Gresik, Sekolah, Pertamina Lubricants dan masyarakat.

Toko Refill, sebagai toko isi ulang, menyediakan sistem jual-beli kebutuhan rumah tangga dalam bentuk curah, termasuk deterjen cair, minyak goreng, pembersih lantai, sabun cuci piring, sabun, deterjen bubuk, shampoo, popok kain, pelicin dan pewangi pakaian, serta softener. Saat pelanggan membeli kebutuhan rumah tangga, mereka menggunakan wadah pakai ulang yang disediakan oleh toko atau membawa wadah sendiri untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Dengan begitu, Saifudin Efendi selaku Ketua RT.02 RW.5 Kampung SIBA KLASIK, Kelurahan Sidokumpul, Gresik Mengajak masyarakat mengurangi sampah sekali pakai terutama sampah sachet kebutuhan rumah tangga.

“kami mencoba berinisiatif dan mendorong pengurangan sampah sekali pakai sachet melalui Tokoh reffil store yang merupakan sebuah Gerakan ekonomi yang memenuhi kebutuhan rumah tangga melalui konsep REFILL,” ujarnya. Selasa, (20/02/2024).

Ia menambahkan, Guna mewujudkan zero waste untuk pengurangan sampah sekali pakai , kami tidak mungkin sendiri. Peran pemerintah daerah melalui DLH kab.Gresik untuk menggaungkan kawasan seperti ini.

Sementara itu, Umaya dari DLH Gresik mengatakan, saat pihaknya sudah memiliki regulasi untuk sampah plastik.

“Kami sudah memiliki Perda Gresik Nomor 3 tahun 2021 tentang Pembatasan Penggunaan Plastik Sekali Pakai untuk mengontrol timbunan sampah plastik. Melalui kampung SIBA KLASIK ini bisa diterapkan di kawasan RT atau RW bahkan kalau perlu di tingkat kelurahan ataupun desa,” katanya.

Selain launching Toko Refill juga ada kegiatan lainnya, yaitu edukasi masyarakat mengedukasi masyarakat mengenai bahaya penggunaan plastik, mulai daur hidup plastik sekali pakai sejak ekstraksi pengelolahan hingga pembuangan sangat mengancam kehidupan.

“karena proses pembuatan plastik yang kotor dan tidak sehat,” jelas Umaya

Ditemui ditempat yang sama Direktur Eksekutif ECOTON, Daru Setyorini menghimbau warga untuk menghentikan konsumsi plastik sekali pakai demi kebaikan di masa depan.

“Adanya toko refill ini diharapkan agar masyarakat mengubah kebiasaan buruk menggunakan plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari hari dengan mengembalikan kebiasaan lama yang menggunakan bahan organic atau membawa wadah sendiri untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai,” tegasnya

Kegiatan ini juga disambut dengan bangga oleh Lurah Sidokumpul Mukhlisun dan berharap masyarakat bisa minim sampah.

“Harapan terbesar setelah adanya Refill Store ini adalah masyarakat di Kelurahan Sidokumpul dapat membiasakan gaya hidup minim sampah dan menjadikan kampung SIBA KLASIK menjadi contoh untuk kampung kampung lain. serta menghimbau ketua RT dan RW untuk membawa botol minum ketika rapat di kelurahan,” terangnya.

Kegiatan launching diakhiri dengan penandatanganan dukungan komitmen dari berbagai multipihak untuk sukseskan sistem Refill atau isi ulang produk rumah tangga. Tok

Polresta Malang Kota Resmikan BPKB Cafe dan “Sam Very”

Kota Malang, Timurpos.co.id – Polresta Malang Kota Polda Jatim terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan publik bagi warga yang mengurus administrasi kendaraan, salah satunya dengan meresmikan BPKB Cafe pada hari Selasa (20/02/2024).

BPKB Cafe merupakan ruang pelayanan BPKB yang didesain layaknya kafe, dengan suasana yang nyaman dan dilengkapi berbagai properti pendukung.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si., mengatakan bahwa BPKB Cafe diresmikan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Masyarakat yang mengurus BPKB tidak perlu lagi menunggu dengan antrian lama. Di BPKB Cafe, mereka dapat menunggu dengan nyaman sambil menikmati kopi dan fasilitas lainnya,” ujar Kapolresta Malang Kota.

BPKB Cafe dilengkapi dengan beberapa properti pendukung, Sofa dan kursi yang nyaman, Meja dan colokan listrik, WiFi gratis, Televisi, Minuman Kopi

Bagi pemohon yang mengurus administrasi BPKB kendaraan, namun tidak punya waktu untuk pengambilan, maka “Sam Very” siap antar BPKB yang sudah selesai, dikirim sesuai dengan alamat yang tertera didalamnya.

Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Aristianto Budi Sutrisno, S.H., M.H., menambahkan bahwa BPKB Cafe juga menyediakan layanan “Sam Very”, yaitu layanan delivery BPKB yang diantarkan langsung ke alamat pemohon tanpa dipungut biaya.

“Dengan adanya BPKB Cafe dan layanan Sam Very, kami berharap masyarakat dapat mengurus BPKB dengan lebih mudah, nyaman, dan efisien,” ujar Kompol Aris.

Peresmian BPKB Cafe dan adanya Sam Very bukti komitmen Polresta Malang Kota dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. M12

BCA Tegaskan Pengumuman Perubahan Transfer Antar Bank Menjadi Rp150 Ribu adalah HOAX dan Penipuan

Jakarta, Timurpos.co.id – Baru-baru ini, terdapat pengumuman tidak resmi yang mengatasnamakan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terkait perubahan tarif transfer antar bank menjadi sebesar Rp150.000 per bulan. Pengumuman ini banyak disirkulasi di aplikasi chatting, dan mengajak nasabah menekan tombol “view” untuk kemudian diarahkan kepada web palsu yang meminta data-data pribadi nasabah. Sabtu (03/02/2024).

Dalam hal ini BCA menegaskan bahwa pengumuman tersebut TIDAK BENAR dan merupakan AKSI PENIPUAN. Jika mendapatkan pengumuman tersebut, BCA mengimbau nasabah untuk melakukan hal-hal berikut:

  • Abaikan pesan, terlebih jika dihubungi dengan menggunakan nomor pribadi. Bank hanya akan memberikan pengumuman/informasi dari nomor/akun resmi, yaitu WhatsApp Bank BCA pada nomor 08111500998.

  • Hindari klik tombol “view” dan mengisi data. Jangan membuka atau klik tombol “view”. Jika sudah terlanjur klik, jangan mengisi web form yang ada di dalamnya. Segera keluar dari website atau microsite yang terbuka dari halaman tersebut.

  • Blokir nomor kontak dan hapus pesan.

  • Kelola password mobile banking. Buat password yang kuat dan ubah secara berkala.

  • Laporkan ke Halo BCA di 1500888 atau melalui aplikasi haloBCA

Executive Vice President (EVP) Corporate Communication and Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn menyatakan, “Sebagai perbankan nasional, BCA terus memperkaya wawasan nasabah akan berbagai kejahatan dunia maya yang mengintai. Kami juga terus menyuarakan imbauan kepada masyarakat dan nasabah untuk terus waspada dengan berbagai modus social engineering perbankan.

“Jika nasabah mendapatkan informasi yang mencurigakan dan mengatasnamakan BCA, nasabah dapat segera menghubungi kantor cabang setempat, atau melalui contact center Halo BCA 1500888 dan aplikasi haloBCA. Jangan pernah bagikan data pribadi perbankan yang bersifat rahasia seperti nomor kartu ATM, PIN, dan OTP.” katanya.

Dalam kesempatan ini, BCA juga menegaskan bahwa informasi resmi hanya berasal dari channel resmi BCA, yaitu:

✅ Aplikasi Halo BCA

✅ No. resmi Halo BCA 1500888 (tanpa 021, +0621, atau tambahan lainnya)

✅ WhatsApp: Bank BCA 08111500998 (ada centang hijau)

✅ Instagram: @goodlifebca (sudah centang biru)

✅ Website: www.bca.co.id

Keberhasilan Bank Kalbar Sumbang 92% Laba BUMD Kalimantan Barat

Pontianak, Timurpos.co.id – Di tengah pusaran politik daerah, pengelolaan bank pembangunan daerah (BPD) masih jauh lebih bagus dari kebanyakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) lain. Minggu (21/01/2024).

Selain menjadi contoh baik dalam praktek Good Corporate glGovernance (GCG) di lingkungan BUMD, BPD juga terus mencatat kinerja keuangan yang sangat baik dan menjadi kontributor utama bagi BUMD baik dari sisi kekayaan, laba, maupun sumbangan pendapatan asli daerah.

Menurut Biro Riset Infobank per September 2023, aset BPD mencapai Rp.956,45 triliun memberi kontribusi 95% terhadap besaran aset BUMD yang sekitar Rp1.000 triliun.
BPD juga menjadi menjadi mesin pencetak untung BUMD. Laba BUMD di setiap provinsi umumnya disumbang oleh BPD,  kecuali Bank Banten yang merugi sejak 2014 hingga 2022. Ambil contoh Bank BJB yang mencetak laba Rp2,24 triliun pada 2022, atau menyumbang 84% dari total laba 88 BUMD di seluruh Jawa Barat yang sebesar Rp2,66 triliun.

Begitu juga Bank DKI yang mencetak laba Rp1,83 triliun, alias menyumbang 81% dari laba 13 BUMD di Provinsi DKI Jakarta yang sebesar Rp2,25 triliun. Bahkan, laba Bank Kalbar yang sebesar Rp424,42 miliar berkontribusi 92% dari total laba 20 BUMD di seluruh Kalimantan Barat yang sebesar Rp457,98 miliar.

Per Desember 2023, BPD yang dipimpin oleh Rokidi ini kembali mencetak kinerja yang gemilang. Bank yang sahamnya dikuasai pemerintah Provinsi Kalbar ini mencetak pertumbuhan laba sebesar 9,20% menjadi Rp463,96 miliar.

Bank Kalbar juga berhasil menjalankan perannya sebagai agen pembangunan daerah Kalbar melalui pengelolaan dana pemerintah daerah serta penyaluran kredit kepada masyarakat termasuk untuk mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Kredit yang disalurkan Bank Kalbar hingga akhir 2023 sebesar Rp15,57 triliun, atau lebih besar dari posisi kredit per 2022 yang sebesar Rp14,46 triliun.

Menurut ekonom Ryan Kiryanto, kinerja banyak BPD yang sustainable tidak lepas dari pengelolaannya yang profesional dan prudent oleh para direksi yang memimpin.

“Contohnya Bank Kalbar yang saat lihat secara statistik sangat cepat di kelasnya. Selain sumbangannya terhadap pendapatan daerahnya, yang lebih penting adalah perannya dalam pembangunan ekonomi daerah, terutama pemberdayaan UMKM yang menyerap banyak tenaga kerja,” ujarnya. M12

Kolaborasi Antara STB dan Pakuwon Group Untuk Meningkatkan Pengalaman Ritel Wistawan Indonesia

Surabaya, Timurpos.co.id – Singapore Tourism Board (STB) menandatangani Memorandum of Collaboration (MoC) yang berdurasi satu tahun dengan salah satu pengembang properti terkemuka di Indonesia, Pakuwon Group. Kolaborasi ini juga menandai kemitraan pertama antara Pakuwon Group dan Organisasi Pariwisata Nasional, yang menegaskan komitmen STB untuk terus memperkenalkan pengalaman inovatif bagi wisatawan Indonesia. Jumat (19/01/2024).

Mulai bulan Januari hingga November 2023, Singapura mencatat 2,06 juta wisatawan dari Indonesia dan jumlah ini merupakan jumlah wisatawan tertinggi jika dibandingkan dengan wisatawan dari negara lain.

Singapura menghasilkan belanja pariwisata sebesar 1,42 miliar dolar Singapura pada Januari hingga Juni 2023. Mengingat bahwa komponen belanja secara konsisten menempati peringkat teratas dalam keseluruhan belanja pariwisata wisatawan dari Indonesia (35% dari total belanja pariwisata pada enam bulan pertama tahun 2023).

Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman ritel dan mendorong pembelanjaan di Singapura dan Indonesia. Inisiatif ini sejalan dengan strategi STB untuk meningkatkan daya tarik dan destinasi wisata Singapura melalui kolaborasi strategis.***

STB dan Traveloka Perkuat Kolaborasi Melalui Penandatanganan Kerja Sama

Melissa Ow, Chief Executive STB, dan Caesar Indra, Presiden Traveloka

Jakarta, Timurpos.co.id – Singapore Tourism Board (STB) dan Traveloka, platform perjalanan terdepan se-Asia Tenggara, meneruskan kolaborasi jangka panjang kedua belah pihak melalui penandatanganan Memorandum of Cooperation (MOC) satu tahun di Jakarta. Rabu (17/01/2024).

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Melissa Ow, Chief Executive STB, dan Caesar Indra, Presiden Traveloka.
Penandatanganan MOC tersebut sejalan dengan langkah Singapura dalam menyambut jumlah kunjungan wisatawan dari Indonesia yang kembali tumbuh. Dari seluruh kedatangan turis negara-negara di Asia Tenggara ke Singapura yang mencapai 4,78 juta jiwa.

Wisatawan Indonesia mendominasi dengan total 2,06 juta jiwa, menjadikannya pasar utama Singapura di 2023. Pemulihan
ini menegaskan daya tarik Singapura sebagai destinasi gaya hidup kelas dunia bagi wisatawan Indonesia dan Asia Tenggara, sekaligus menunjukkan dukungan yang berharga dari para mitra strategis seperti Traveloka.

Adapun MOC ini menandai kolaborasi yang semakin erat antara STB dan Traveloka untuk fokus ke area yang lebih luas, tak hanya terbatas pada strategi pemasaran. Sejumlah bidang yang mendapat perhatian utama termasuk pendekatan yang lebih terarah dalam menarget konsumen melalui pertukaran insight dan data.

Keduanya juga akan menjajaki pengenalan produk wisata dan pengalaman liburan
terbaru Singapura di Traveloka. Perjanjian baru ini pun mencerminkan keselarasan komitmen untuk berinovasi dan meningkatkan pengalaman wisatawan untuk berbagai pasar Asia Tenggara.

Upaya kolaboratif ini juga sejalan dengan kampanye terkini dari Singapore Tourism Board, yakni “Made in Singapore”.

Kampanye tersebut mengangkat bagaimana momen-momen biasa dalam keseharian bisa menjadi luar biasa berkat rangkaian pengalaman unik dan tak terduga yang hanya bisa ditemukan di Singapura.

Terrence Voon, Executive Director, Southeast Asia, STB, mengatakan, bahwa Traveloka menjadi mitra yang penting dan berharga bagi kami sejak kolaborasi pertama kami pada 2019. “Melihat sektor pariwisata yang semakin pulih di kawasan Asia tenggara, kemitraan ini akan membantu membuka potensi kekayaan pariwisata Asia Tenggara dan Indonesia, membantu kami memahami konsumen dengan lebih baik lagi, serta memperkuat posisi Singapura sebagai destinasi terdepan bagi wisatawan Asia Tenggara.”kata Terrece Voon.

Selain menarik lebih banyak pengunjung ke Singapura, kolaborasi ini juga menekankan pertukaran wawasan dan penemuan insight baru yang dapat meningkatkan keterlibatan para pengunjung.

Contohnya, STB dan Traveloka akan bertukar insight untuk mengembangkan kampanye promosi yang lebih terarah dan menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih sesuai dengan preferensi wisatawan.

Caesar Indra, Presiden Traveloka, mengatakan, bahwa Singapura berada di posisi penting sebagai salah satu
destinasi mancanegara teratas di mana kami melihat adanya lonjakan pencarian penerbangan hampir 3 kali lipat sepanjang 2023 dibanding tahun sebelumnya.

Kami sangat antusias untuk melanjutkan
kemitraan dengan STB untuk memberikan lebih banyak nilai tambah bagi konsumen. Kami pun berkomitmen untuk menawarkan lebih banyak manfaat dalam memenuhi berbagai aspirasi perjalanan konsumen, termasuk rencana liburan mereka di Singapura.

Kolaborasi ini turut menandai babak baru yang menarik dalam upaya kami untuk memperkaya pengalaman berlibur para pengguna.”jelas Caesar Indra

Penandatanganan MOC hari ini menunjukkan komitmen bersama STB dan Traveloka untuk saling berinvestasi pada kampanye pemasaran yang fokus pada Indonesia dan ekspansi ke Malaysia, Thailand, dan Vietnam. STB dan Traveloka berencana untuk menjalankan inisiatif pemasaran seperti perjalanan oleh influencer yang memperkenalkan beragam destinasi dan pembuatan aset video untuk produksi di kanal digital dan media sosial.
Pengalaman yang patut dinantikan di Singapura selama 2024.

Singapura menawarkan serangkaian acara menarik, atraksi baru, dan penawaran eksklusif di tahun ini. Pengunjung dapat menyaksikan berbagai festival budaya yang semarak seperti Grand Prix Season
Singapore (GPSS), atraksi hiburan spektakuler yang meliputi pertunjukan dari para artis global terkemuka, dan ajang olahraga kelas dunia seperti Standard Chartered Singapore Marathon.

Wisatawan Indonesia pun bisa mengharapkan lebih banyak promo dan paket menarik di Traveloka untuk menikmati perjalanan yang lebih seru di Singapura.

Ekspresi artistik akan menjadi pusat perhatian di Singapura sepanjang Kuartal I 2024 berkat rangkaian acara yang pastinya memikat pengunjung, di antaranya:

ART SG 2024 – Mengungkap mahakarya kontemporer dari seluruh dunia, ART SG 2024 kembali hadir dalam edisi keduanya di Marina Bay Sands Expo and Convention Center pada 19–21 Januari 2024. Pameran yang eklektik ini menawarkan kesempatan yang unik bagi pengunjung untuk explore berbagai bentuk karya seni inovatif.

ARTWALK 2024 – Merayakan satu dekade penuh kreativitas, ARTWALK 2024 mengubah Katong -Joo Chiat dan Little India menjadi ‘kanvas seni’ yang meriah pada 19–28 Januari 2024. Acara seni yang immersive ini menampilkan seni jalanan, pertunjukan, dan workshop yang mengundang rasa. ***

Tuduhan Amerika, Terhadap Toko Surabaya Hobby Pasok Komponen Drone ke Iran itu Ngawur

Usaha kami tidak melayani pembelian barang hingga ke luar negeri, apalagi sampai ke Iran

Surabaya, Timurpos.co.id – Toko ‘Surabaya Hobby’ yang beralamat di Jalan Barata Jaya XIX, Surabaya, sempat menjadi perbincangan publik lantaran, Departemen Keuangan Amerika Serikat (US Departement of Treasury) menyebut Agung Surya Dewanto pemilik toko itu telah memasok 100 servomotor untuk mendukung produksi ilegal kendaraan udara tak berawak (UAV) ke Iran. Hasil produksi kemudian diproyeksikan bagi kelompok teroris di Timur Tengah. Benarkah demikian?

Penampakan toko ‘Surabaya Hobby’ tidak seperti kebanyakan toko pada umumnya. Setelah rolling door ada pintu dan jendela yang terbuat dari kaca. Pintu kaca itu terpasang stiker warna putih menutupi seluruh bagian, sehingga dari luar tidak terlihat ada aktivitas apa atau barang apa saja yang dijual di dalam.

Saat berkunjung ke toko ini Anda bisa melihat dua senapan angin berukuran kurang lebih 50 centimeter yang dipajang setelah pintu masuk. Beberapa etalase yang menutupi di dinding terdapat kamera drone seukuran remote tv. Di toko itu juga ada satu pesawat miniatur terbuat dari fiber yang kurang lebih ukurannya sebesar tas ransel.

“Drone di sini paling murah Rp7 juta,” ucap salah seorang perempuan yang merupakan karyawan toko. Rabu (17/01/2024).

Karyawan itu mengaku sudah mendengar kabar kalau tempat kerjanya dituduh Amerika telah memasok komponen pilot ke kelompok teroris di Iran. Mereka memastikan tuduhan itu ngawur. Tak lama, ia naik ke lantai dua memanggil seorang perempuan untuk turun ke lantai I.

Frea Febri nama wanita yang dipanggil karyawan itu. Ia memperkenalkan diri sebagai owner sekaligus marketing Surabaya Hobby. Toko itu menjual produk-produk Da-Jiang Innovations (DJI).

Frea mengaku kaget ketika pertama kali mendengar tempat usahanya disebut Amerika memasok komponen pesawat nirawak ke kelompok teroris. Dia merasa selama 10 tahun lebih usahanya menjual miniatur  pesawat tanpa awak, drone, serta sparepartnya tidak pernah melayani pembelian ke luar negeri.

“Sekitar tahun 2017 kami pernah dapat pembelian senapan angin untuk dikirim ke Malaysia. Tapi akhirnya barang kembali
karena prosedurnya sangat rumit. Setelah itu kami gak pernah kirim barang ke luar negeri, jadi kaget sekali disebut pernah kirim drone ke Iran,” keluh Frea.

Wanita usia 24 tahun tak menampik bahwa sebenarnya mengenal Agung Surya Dewanto. Dulu toko Surabaya Hobby dirintis  laki-laki itu. “Beliau masih kerabat saya,” ucapnya.

Frea melanjutkan bahwa sekarang dialah yang mengurus toko Surabaya Hobby. Dikatakannya Agung Surya Dewanto sudah lama tidak pernah mengunjungi toko. Sementara ditanya bagaimana ceritanya toko itu bisa beralih, dia hanya memberikan respon dengan tersenyum.

“Yang pasti saya pastikan usaha kami tidak melayani pembelian barang hingga ke luar negeri, apalagi sampai ke Iran,” tandasnya. Tok