GAIKINDO INDONESIA INTERNATIONAL AUTO SHOW (GIIAS) 2025 RESMI DIBUKA

Jakarta, Timurpos.co.id – GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita. Pameran yang berlangsung pada 24 Juli–3 Agustus 2025 ini menjadi momentum penting bagi seluruh peserta yang tergabung dalam Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) untuk menampilkan teknologi dan inovasi otomotif terkini dari berbagai merek otomotif global. Kamis (24/7/2025).

GIIAS juga menjadi dorongan kuat bagi pertumbuhan industri otomotif nasional. Dalam sambutan pembukaannya, Menteri Perindustrian menyampaikan apresiasi kepada GAIKINDO yang terus membuktikan perannya sebagai mitra strategis pemerintah. GIIAS dinilai berperan penting tidak hanya dalam mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional, tetapi juga dalam memperkuat kontribusi sektor ini terhadap perekonomian Indonesia. “Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian menyampaikan selamat dan apresiasi kepada GAIKINDO atas penyelenggaraan GIIAS. GAIKINDO telah membuktikan dirinya sebagai mitra strategis dan terpercaya, baik di masa sulit saat pandemi COVID-19 maupun di saat market tumbuh baik. Hubungan kemitraan ini harus terus diperkuat, karena pemerintah memandang sektor otomotif sebagai salah satu sektor yang sangat penting bagi perekonomian nasional,” Ujar Agus

GIIAS 2025 mencatatkan sejarah sebagai pameran otomotif terbesar dan terlengkap di luar China, dengan partisipasi lebih dari 60 merek otomotif global, serta lebih dari 120 merek industri pendukung, yang menempati area pameran seluas lebih dari 120.000 meter persegi.

“GIIAS 2025 menjadi wujud optimisme kami di tengah tantangan pasar domestik. Kehadiran puluhan merek global serta ratusan industri pendukung, termasuk UMKM, menegaskan peran penting GIIAS dalam dalam memajukan industri otomotif Indonesia yang menyerap jutaan tenaga kerja,” ujar Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, dalam sambutannya di acara pembukaan GIIAS 2025.

Dengan seremoni pembukaan yang dilakukan oleh Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita dengan didampingi oleh Kepala Staff Kepresidenan RI, Letnan Jenderal (Purn) A.M Putranto, Wakil Menteri Perindutrian, Faisol Riza, Gubernur Banten, Andra Soni, Sekjen Kementerian Perindustrian, Eko S.A Cahyanto, Dirjen ILMATE Kementerian Perindustrian, Setia Diarta serta Ketua Umum GAIKINDO, yaitu Yohannes Nangoi dan juga Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS yaitu Rizwan Alamsjah, GIIAS 2025 resmi dibuka dan siap menyambut para pecinta otomotif Indonesia.

Diselenggarakan selama 11 hari, pengunjung dapat membeli tiket GIIAS 2025 secara online melalui web Auto360 dengan harga spesial, yaitu Rp50.000,- untuk hari kerja (Senin–Jumat) dan Rp100.000,- untuk akhir pekan (Sabtu–Minggu). Sementara itu, tiket juga tersedia di area pameran (on the spot) selama penyelenggaraan pameran dengan harga Rp75.000,- pada hari kerja dan Rp125.000,- pada akhir pekan.

Dukungan GIIAS 2025 juga terus digaungkan dari pihak-pihak sponsor. GIIAS 2025 didukung penuh oleh Astra Financial yang kembali hadir sebagai platinum sponsor GIIAS 2025 bersama FIFGROUP, Astra Credit Companies – ACC, Toyota Astra Finance Services – TAF, Asuransi Astra, Astra Life, AstraPay, MOXA, SEVA dan BANK SAQU. Selain Astra Financial, GIIAS 2025 juga mendapatkan dukungan Energized by Pertamina, serta OLXmobbi yang merupakan bagian dari Group Astra sebagai Official trade-in partner serta sponsor lainnya; GT Radial, JKIND, Protera, Astra Honda Motor, Superchallenge, PLN Mobile, Le Minerale, Teh Pucuk Harum, Astra Otoparts, KAHF, % Arabica, PT. Indonesia Kendaraan Terminal Tbk.

GIIAS The Series 2025 Hadir di Lima Kota Besar

Setelah pameran di BSD Tangerang, GIIAS The Series akan dilanjutkan ke sejumlah kota. Rangkaian kedua akan dimulai dengan GIIAS Surabaya, yang akan diselenggarakan pada 27-31 Agustus 2025 di Grand City Convex, Surabaya. Selanjutnya, GIIAS Semarang akan berlangsung pada 24-28 September 2025 di Muladi Dome, Semarang, dan GIIAS Bandung akan dilaksanakan pada 1-5 Oktober 2025 di Sudirman Grand Ballroom, Bandung. Seri Pameran ini akan ditutup dengan GIIAS Makassar pada 5-9 November 2025 di Sumarecon Mutiara Makassar, yang kembali hadir setelah terakhir kali diselenggarakan pada 2019. TOK

EXCLUSIVE MEDIA DAY GIIAS 2025 JADI MOMEN PELUNCURAN KENDARAAN TERBARU

Jakarta, Timurpos.co.id – Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, yang akan resmi dibuka untuk umum pada 24 Juli – 3 Agustus 2025 di ICE, BSD City, untuk kedua kalinya menghadirkan Exclusive Media Day, yaitu hari khusus yang didedikasikan untuk peliputan jurnalis dan peluncuran kendaraan terbaru oleh para peserta.

Lebih dari 60 merek otomotif global yang terdiri dari kendaraan penumpang, kendaraan komersial, sepeda motor dan karoseri serta didukung oleh lebih dari 120 merek dari industri pendukung, secara resmi memperkenalkan model-model dan teknologi terbaru mereka di hadapan ribuan jurnalis nasional dan internasional yang telah terdaftar.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO, menyampaikan bahwa Exclusive Media Day merupakan bentuk apresiasi terhadap media yang telah berperan penting dalam menyampaikan perkembangan industri otomotif kepada publik. “Pada Exclusive Media Day ini, hari khusus yang didedikasikan untuk media, rekan-rekan semua akan menjadi yang pertama menyaksikan dan mendapatkan informasi mengenai inovasi teknologi kendaraan bermotor terkini yang hadir di GIIAS 2025. Kami percaya, inisiatif ini akan memberikan eksposur yang maksimal terhadap penyelenggaraan GIIAS 2025, memberikan hasil positif bagi para peserta GIIAS 2025 dan industri otomotif Indonesia,” ujar Nangoi.

Exclusive Media Day GIIAS 2025 menjadi panggung bagi lebih dari 40 kendaraan baru yang diperkenalkan secara perdana, mulai dari World Premiere, Asian Premiere, hingga Indonesian Premiere. Tak hanya itu, beberapa peserta juga akan menghadirkan kendaraan konsep mereka, yang menampilkan masa depan dan arah pengembangan teknologi otomotif global.

Ketua III GAIKINDO sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS, Rizwan Alamsjah, menegaskan bahwa kehadiran Exclusive Media Day memberikan nilai tambah strategis bagi seluruh peserta GIIAS 2025. “Exclusive Media Day menjadi momen penting bagi para peserta untuk mendapatkan eksposur maksimal. Dengan hadirnya ribuan jurnalis dari berbagai media nasional dan internasional, peluncuran produk dan teknologi terbaru mereka akan menjangkau audiens yang lebih luas, memperkuat posisi GIIAS sebagai barometer industri otomotif Indonesia dan kawasan,” ujar Rizwan.

GIIAS 2025 Dibuka untuk Umum Mulai Besok, 24 Juli 2025!

Mulai Kamis, 24 Juli 2025, GIIAS 2025 akan resmi dibuka untuk umum. Selama 11 hari penyelenggaraan, pengunjung dapat menyaksikan dan mencoba berbagai kendaraan dengan model dan teknologi terkini dari merek-merek otomotif ternama dunia. Untuk merasakan seluruh pengalaman ini, pengunjung dapat membeli tiket masuk GIIAS 2025 secara online melalui web Auto360 dengan harga Rp50.000 untuk weekdays (Senin–Jumat) dan Rp100.000 untuk weekends (Sabtu–Minggu). Sementara itu, tiket onsite juga tersedia di lokasi pameran seharga Rp75.000 untuk weekdays dan Rp125.000 untuk weekends.

Selain peserta dan pengunjung, antusiasme juga turut hadir dari pihak-pihak sponsor. GIIAS 2025 didukung penuh oleh Astra Financial yang kembali hadir sebagai platinum sponsor GIIAS 2025 bersama FIFGROUP,Astra Credit Companies – ACC, Toyota Astra Finance Services – TAF, Asuransi Astra, Astra Life, AstraPay, MOXA, SEVA dan BANK SAQU. Selain Astra Financial, GIIAS 2025 juga mendapatkan dukungan Energized by Pertamina, serta OLXmobbi yang merupakan bagian dari Group Astra sebagai Official trade-in partner serta sponsor lainnya; GT Radial, JKIND, Protera, Astra Honda Motor, Superchallenge, PLN Mobile, Le Minerale, Teh Pucuk Harum, Astra Otoparts, KAHF, % Arabica, PT. Ikatan Kendaraan Terminal Tbk.

GIIAS The Series 2025 Hadir di Lima Kota Besar

Setelah pameran di BSD Tangerang, GIIAS The Series akan dilanjutkan ke sejumlah kota. Rangkaian kedua akan dimulai dengan GIIAS Surabaya, yang akan diselenggarakan pada 27-31 Agustus 2025 di Grand City Convex, Surabaya. Selanjutnya, GIIAS Semarang akan berlangsung pada 24-28 September 2025 di Muladi Dome, Semarang, dan GIIAS Bandung akan dilaksanakan pada 1-5 Oktober 2025 di Sudirman Grand Ballroom, Bandung. Seri Pameran ini akan ditutup dengan GIIAS Makassar pada 5-9 November 2025 di Sumarecon Mutiara Makassar, yang kembali hadir setelah terakhir kali diselenggarakan pada 2019. ***

Pedagang Pasar Benteng Pancasila Mojokerto Siap Dukung Kebijakan Pemerintah

Mojokerto, Timurpos.co.id – Dalam upaya menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta mendukung kebijakan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur, Perkumpulan Pedagang Pasar Benteng Pancasila Kota Mojokerto menggelar deklarasi dukungan yang dihadiri oleh sekitar 50 anggotanya, Rabu (23/7/2025) pagi.

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 09.00 hingga 10.30 WIB di area Pasar Benteng Pancasila, Kecamatan Magersari, ini dipimpin langsung oleh Ketua Perkumpulan Pedagang, Mardi Bima Sakti. Dalam sambutannya, Mardi menyampaikan pentingnya peran pedagang pasar sebagai pilar dalam pembangunan ekonomi nasional.

“Pedagang memiliki peran strategis dalam meningkatkan pendapatan masyarakat, menciptakan lapangan kerja, dan menekan angka kemiskinan,” tegas Mardi. Ia juga menyoroti peran pedagang dalam menjaga stabilitas harga serta memastikan ketersediaan bahan pokok, yang turut berperan dalam pengendalian inflasi.

Mardi mengajak seluruh anggota perkumpulan untuk senantiasa mendukung kebijakan pemerintah dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu negatif maupun hoaks yang marak beredar di media sosial. “Mari kita menjadi pelopor dalam menjaga stabilitas kamtibmas agar bisa diikuti masyarakat luas, khususnya di Mojokerto,” ajaknya.

Puncak kegiatan ditandai dengan pembacaan deklarasi yang berisi komitmen mendukung terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, serta siap mendukung kebijakan pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Deklarasi ini diharapkan dapat menjadi contoh positif bagi komunitas pedagang lainnya di wilayah Jawa Timur untuk bersinergi menjaga keamanan, mendukung program pemerintah, serta menumbuhkan semangat kebersamaan di tengah dinamika sosial ekonomi masyarakat.

Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama sebagai bentuk komitmen kolektif perkumpulan dalam mendukung stabilitas wilayah dan pembangunan daerah.

Smartbid Raih Penghargaan Lelang Mandiri Terbaik dari DJKN Jawa Timur

Surabaya, Timurpos.co.id – PT Anugerah Lelang Indonesia (Smartbid) berhasil mencatatkan prestasi gemilang dengan menyabet penghargaan sebagai Penyelenggara Lelang Swasta Terbaik peringkat pertama dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Timur. Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur, Dudung Rudi Hendratna, kepada Tien Imelda selaku East Operational Head PT Anugrah Lelang (Smartbid), dalam acara yang digelar di Aula Kalingga GKN II Surabaya, Selasa, (22/7/2025).

Penghargaan tersebut menjadi bentuk apresiasi DJKN terhadap kinerja luar biasa para pejabat lelang kelas II, khususnya swasta, dalam menyelenggarakan lelang mandiri secara profesional, transparan, dan akuntabel sepanjang tahun 2024.

Direktur Utama PT Anugerah Lelang Indonesia, Aliyanto, mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian tersebut. Ia menegaskan bahwa prestasi ini merupakan bukti nyata atas komitmen Smartbid dalam menjaga kualitas dan integritas layanan lelang di tengah dinamika industri yang terus berkembang.

“Kami sangat bersyukur dan bangga. Ini bukan hanya penghargaan, tapi juga amanah dan tanggung jawab untuk terus menjaga kepercayaan publik dengan memberikan layanan lelang yang profesional dan transparan,” ujar Aliyanto.

Dalam keterangannya, Aliyanto menyebutkan bahwa kesuksesan ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim Smartbid serta kepercayaan yang diberikan oleh para mitra dan pengguna jasa lelang. Pihaknya juga terus berupaya memperkuat kapasitas sumber daya manusia, memperbarui sistem teknologi informasi, dan mengembangkan sistem lelang yang efisien serta kredibel.

Selain menjadi pemicu semangat untuk terus berinovasi, penghargaan ini juga menjadi dorongan moral bagi Smartbid untuk memperluas jangkauan dan akses masyarakat terhadap layanan lelang yang adil. Smartbid bahkan merencanakan pembukaan cabang dan hub di wilayah lain guna mendekatkan layanan ke masyarakat.

“Ke depan, kami fokus pada digitalisasi proses lelang, penguatan tata kelola perusahaan, serta peningkatan kualitas SDM. Kami ingin menjadi mitra terpercaya masyarakat, tidak hanya di Jawa Timur, tapi juga secara nasional,” tegasnya.

Adapun penilaian penghargaan ini berdasarkan indikator capaian kinerja lelang terbaik sepanjang 2024, meliputi jumlah pelaksanaan lelang dan nilai transaksi. Dalam ajang tersebut, Smartbid dinobatkan sebagai peringkat pertama, disusul oleh PT Balai Lelang Tunjungan di posisi kedua, dan PT Gray Stone Auction di posisi ketiga.

Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur, Dudung Rudi Hendratna, menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas kontribusi balai lelang swasta dalam menjalankan lelang mandiri secara optimal dan terpercaya.

“Kami berharap penghargaan ini mendorong semangat kompetisi sehat dan profesional di antara para penyelenggara lelang swasta,” ujar Dudung.

Dengan raihan ini, PT Anugerah Lelang Indonesia (Smartbid) memperkuat posisinya sebagai pemain utama dalam industri lelang swasta di Indonesia, sekaligus membawa harapan baru bagi pertumbuhan industri lelang yang lebih transparan, berintegritas, dan akuntabel di masa mendatang. TOK

Mahasiswa KKN UPN Veteran Jatim Sosialisasikan E-Commerce untuk Pemberdayaan Ekonomi Ibu PKK Kelurahan Ujung

Surabaya, Timurpos.co.id – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik SDGs dari UPN “Veteran” Jawa Timur, khususnya Kelompok 22 yang ditempatkan di Kelurahan Ujung, Kecamatan Semampir, menggelar kegiatan bertajuk “Go Digital, Go Profit: Strategi Penjualan Efektif melalui Platform e-Commerce” pada Kamis (10/07/2025) di Aula Pertemuan Kelurahan Ujung.

Kegiatan ini diikuti oleh 28 peserta yang merupakan perwakilan dari 14 RW, masing-masing RW mengirimkan dua orang pengurus PKK. Kegiatan berlangsung selama satu hari penuh dengan dua sesi utama, yaitu sosialisasi e-commerce dan workshop kreatif “Ronce Ceria” dengan tema “Sebait Warna, Seuntai Tawa”.

Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Ujung, Wahyu Prasetyawati, S.Pd, membuka acara dengan penuh semangat dan apresiasi terhadap inisiatif para mahasiswa. “Besar harapan kami, dengan adanya koneksi dan kolaborasi ini, anggota PKK dapat semakin berkembang dan memberikan dampak positif bagi perekonomian keluarga,” ujar Wahyu.

Sambutan juga disampaikan oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Nadofah, S.E., M.E., yang menyampaikan rasa terima kasih atas keterbukaan pihak kelurahan menerima mahasiswa KKN. Ia berharap para mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmunya secara nyata di masyarakat.

Materi utama disampaikan oleh Nabila Dwi Putri, mahasiswa Program Studi Akuntansi angkatan 2022 yang juga merupakan pelaku usaha online dengan brand renaskincare di platform Shopce. Dengan pengalaman lebih dari 10.000 produk terjual dan 1.500 pengikut, Nabila membagikan tips berjualan online secara efektif, mulai dari pemilihan produk, pemasaran, hingga pelayanan pelanggan.

Sebagai bentuk praktik langsung, para ibu PKK diajak untuk membuat strap handphone handmade, produk sederhana namun potensial dijual secara digital. Melalui sesi ini, peserta tidak hanya belajar keterampilan baru, tetapi juga memahami cara memasarkan hasil kerajinan mereka secara online.

“Kegiatan ini bertujuan mendorong ibu-ibu PKK untuk mulai merintis usaha dari rumah, berbasis teknologi, tanpa harus meninggalkan peran mereka di keluarga,” ungkap salah satu anggota tim KKN.

Kegiatan berlangsung dengan antusiasme tinggi. Para peserta berharap agar pelatihan semacam ini bisa terus berlanjut, sebagai langkah awal menuju kemandirian ekonomi berbasis digital. Sosialisasi ini juga diharapkan mampu menjadi inspirasi dan bekal nyata dalam memulai bisnis dari rumah secara online.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa KKN tidak hanya mengimplementasikan ilmu yang dimiliki, tetapi juga turut mengambil peran dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), khususnya dalam bidang pemberdayaan ekonomi dan kesetaraan gender. TOK/*

Mengintip Campoeng di Sambiarum Indah Berkonsep Ramah Lingkungan dan Usung Budaya Lokal

Surabaya, Timurpos.co.id – Campoeng (Camping Kampoeng) diselenggarakan di kel.Sambikerep kampung Sambiarum Berwarna pada 5-6 juli 2025 merupakan acara tahunan untuk mengisi libur sekolah.

Camping ini dinilai unik karena dilakukan ditengah2 perkampungan disepanjang jalan. Sambiarum berwarna merupakan kampung proklim nasional tingkat lestari yang ada di kota Surabaya.

Dibuka oleh Lurah, DLH Surabaya dan DLH Prov.Jatim, kegiatan ini dilakukan untuk mengisi musim liburan sekolah. Kegiatan ini mampu menarik minat 50 siswa sekolah dasar yang merupakan peserta dari berbagai kota yaitu Surabaya, Gresik, Pasuruan, Jombang.

Kegiatan Campoeng 2025 ini dilakukan bebas sampah atau zero waste. Tidak ada makanan yg dikemas plastik dan semua dilakukan dengan sistem _Reuse-Refill._

Hanie dari komunitas Nol Sampah Surabaya mengatakan bahwa zero waste perlu dikenalkan ke anak-anak.

“Selama ini mungkin mereka jajan sembarangan dengan kemasan plastik, tapi selama melakukan kegiatan camping ini kita kenalkan pangan sehat dan food waste, jadi apa yg dimakan adalah makanan sehat olahan dapur dan ketika mengambil harus dihabiskan”, jelasnya.

Ditemui ditempat yang sama Tonis Afrianto manager program sekolah ekologis ECOTON merasa senang berkesempatan memperkenalkan isu mikroplastik

“Dalam kegiatan ini saya membawa 2 mikroskop, untuk praktek bersama peserta Campoeng 2025 yang pertama Swap Test mikroplastik di kulit dan identifikasi mikroplastik pada air, peserta kaget ketika melihat mikroplastik menggunakan mikroskop dan ini pertama kalinya dia tahu”, jelasnya.

Selama mengikuti kegiatan ini peserta diajak berkeliling untuk aktivitas olaraga repling, berkunjung ke pura Candi Cemara Agung untuk belajar budaya Bali, dan belajar pengurangan wadah plastik sekali pakai melalui Instalasi Kran Plastik ECOTON.

Rayyan (9) salah satu peserta mengaku senang bisa mengikuti kegiatan Campoeng 2025.

“Saya senang mengikuti camping ini karena banyak kegiatan seperti belajar zero waste, mikroplastik, olaraga, belajar budaya bali dan jawa serta banyak hadiah yang bermanfaat seperti botol minum dan wadah makan guna ulang”, tegasnya.

Ibu Okky salah satu penggerak kader lingkungan di kawasan kampung Sambiarum Berwarna mengapresiasi kekompakan panitia dalam memanagement penyelenggaraan ini.

“ini merupakan ke tiga kalinya kami menyelenggarakan kegiatan Camping Kampoeng, banyak kader bergerak, karangtaruna dan relawan juga, kami berharap kegiatan ini bisa dilakukan setiap tahun yaa”, jelasnya. TOK/*

Sensus Sampah Plastik BRUIN Ungkap Dalang Pencemaran: Produsen Diminta Bertanggung Jawab, Regulasi Diminta Diperkuat

Surabaya, Timurpos.co.id — Badan Riset Urusan Sungai Nusantara (BRUIN) merilis hasil Sensus Sampah Plastik, audit sampah plastik terbesar dan paling komprehensif yang pernah dilakukan di Indonesia. Kegiatan ini melibatkan 156 mitra, 976 relawan, dan menjaring 76.899 sampah plastik dari 92 lokasi di 49 kabupaten/kota di 30 provinsi selama periode 2022–2024.

Koordinator Sensus, Muhammad Kholid Basyaiban, SH, menyatakan bahwa hasil audit membuktikan pencemaran plastik di perairan Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan. “Kami mengambil sampel dari 35 sungai, 17 pantai, dan 2 titik mangrove. Hasilnya, tidak ada satu pun sungai yang benar-benar bebas dari sampah plastik, yang seharusnya jadi perhatian serius sesuai PP Nomor 22 Tahun 2021 tentang PPLH,” ungkap Kholid. Kamis (26/06/2025).

Data lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar sampah plastik berasal dari kemasan sachet sekali pakai, kantong kresek, dan botol minuman. BRUIN juga membeberkan lima besar produsen yang paling banyak mencemari lingkungan berdasarkan merek yang ditemukan, yakni:

Unbranded (234 item) – kantong plastik, sedotan, styrofoam, dan cup tanpa merek
Wings (114 item) – produk seperti So Klin, Sedaap, Mama Lime, Ale-ale, Teh Rio
Indofood (Fx) – produk Indomie, Pop Mie, Club, Bumbu Racik
Mayora (74 item) – Teh Pucuk Harum, Energen, Roma, Kopiko
Unilever (64 item) – Royco, Rinso, Sunsilk, Sunlight
Melalui laporan bertajuk “Sensus Sampah Plastik: Mengungkap Fakta, Menggerakkan Aksi,” BRUIN menyerukan agar para produsen bertanggung jawab atas sampah pascakonsumsi dan berkontribusi nyata dalam pengurangan sampah hingga 30 kali lipat pada tahun 2029, sebagaimana target yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri LHK No. 75 Tahun 2019 tentang Peta Jalan Pengurangan Sampah oleh Produsen.

Namun, BRUIN menilai regulasi tersebut belum berjalan efektif. Partisipasi produsen masih minim, pengawasan lemah, dan belum ada sanksi tegas bagi pelanggar. Alih-alih mengganti kemasan ke bentuk ramah lingkungan, banyak produsen justru hanya melakukan modifikasi tanpa mengurangi dampak polusi plastik.

Kepala Departemen Teknik Lingkungan ITS, Dr. Susi Agustina Wilujeng, ST., MT, menegaskan bahwa tanggung jawab terbesar justru ada pada produsen, bukan semata pada konsumen. “Jangan hanya berharap pada perubahan perilaku konsumen. Harus ada kebijakan tegas yang memaksa produsen bertanggung jawab,” tegasnya.

Senada, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Hanif Faisol Nurofiq, saat membuka Pameran Lingkungan Hidup bertema “End Plastic Pollution” (22/6), menyatakan bahwa pemerintah akan memperkuat sistem hukum yang mewajibkan implementasi EPR (Extended Producer Responsibility), lengkap dengan sanksi administratif hingga pidana.

BRUIN dalam laporannya juga menyampaikan 6 strategi utama untuk memutus rantai pencemaran plastik:

Larangan plastik sekali pakai sulit daur ulang seperti sachet Penerapan sistem reuse dan pengurangan kemasanPajak disinsentif untuk produk sekali pakaiInsentif bagi inovasi kemasan berkelanjutanPengadaan hijau oleh pemerintah dan industri Implementasi tegas skema EPR. “Perang melawan polusi plastik harus dimulai sekarang,” seru Kholid.

“Kami berharap hasil sensus ini membuka mata semua pihak—pemerintah, industri, dan masyarakat—bahwa krisis plastik nyata, dan penanganannya harus dimulai dari sumbernya.”katanya. ***

Jurnalis KOMPAK Berkurban Dua Sapi dan Tiga Kambing pada Idul Adha 1446 H

Foto: Para Jurnalis KOMPAK

Surabaya, Timurpos.co.id – Komunitas Media Pengadilan dan Kejaksaan (KOMPAK) kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap sesama melalui kegiatan berkurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1446 Hijriah. Pada perayaan yang jatuh Jumat (6/6), para jurnalis yang tergabung dalam KOMPAK menyembelih dua ekor sapi dan tiga ekor kambing.

Ketua Umum KOMPAK, Budi Mulyono, menyampaikan bahwa kegiatan ini telah menjadi agenda rutin komunitas sejak tahun 2019. Menurutnya, semangat kebersamaan dan gotong royong menjadi kunci utama dalam pelaksanaan kurban tahunan ini.

“Kegiatan ini telah menjadi aktivitas rutin di setiap perayaan Hari Raya Idul Adha sejak tahun 2019,” ujar Budi di sela prosesi penyembelihan hewan kurban yang berlangsung di kawasan Tambak Medokan Ayu, Surabaya.

Proses penyembelihan hingga pembagian daging kurban turut melibatkan warga sekitar. Para anggota KOMPAK secara langsung turun tangan dalam membagikan daging kepada masyarakat yang membutuhkan, sebagai wujud nyata kepedulian sosial.

Budi menjelaskan, kegiatan ini dapat terlaksana berkat komitmen anggota KOMPAK yang secara rutin menyisihkan sebagian rezekinya untuk ditabung setiap bulan.

“Teman-teman KOMPAK kalau punya uang, menyisihkannya untuk tabungan minimal sebulan sekali. Istilahnya kita ‘ngepul’, agar saat Idul Adha bisa membeli hewan kurban,” jelasnya.

Meski tahun ini jumlah hewan kurban menurun dibanding tahun sebelumnya, Budi menegaskan hal tersebut bukan menjadi persoalan, melainkan menjadi motivasi untuk meningkatkan semangat ke depan.

“Tahun lalu kita bisa empat ekor sapi, sekarang dua ekor. Tidak apa-apa. Semoga tahun depan bisa meningkat lagi, mungkin bisa empat atau lima ekor,” ujarnya penuh harap.

Budi juga berharap semangat ibadah dan solidaritas sosial ini dapat terus dijaga oleh seluruh anggota komunitas.

“Semoga segenap anggota KOMPAK bisa istiqamah melaksanakan syariat Islam ini di Idul Adha tahun-tahun berikutnya,” pungkasnya. TOK/*

Maraknya Produk Skincare Ilegal, Ubaya dan BPKN RI Gelar Seminar Edukasi dan Posko Pengaduan Konsumen

Surabaya, Timurpos.co.id – Maraknya peredaran produk skincare ilegal yang merugikan konsumen menjadi perhatian serius berbagai pihak. Banyaknya keluhan masyarakat terkait kandungan berbahaya dalam produk skincare abal-abal mendorong Fakultas Hukum Universitas Surabaya (Ubaya), Komisariat Fakultas Hukum IKA Ubaya, dan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) RI menggelar seminar bertajuk “Perlindungan Hukum Konsumen Terhadap Penggunaan Skincare Ilegal”, sekaligus membuka Posko Pengaduan Korban Skincare.

Acara yang digelar pada Jumat (23/5/2025) ini menghadirkan Komisioner BPKN RI, Dr. Bambang Sugeng Ariadi Subagyono, dan Dosen Hukum Perlindungan Konsumen Ubaya, Dinda Silviana Putri, sebagai pembicara.

Dr. Bambang menekankan pentingnya edukasi kepada masyarakat, terutama generasi muda yang menjadi target utama produk skincare. “Ada kasus di mana seorang korban tidak bisa hamil karena zat berbahaya dari skincare ilegal sudah terlanjur masuk ke tubuh. Ini bukti nyata betapa bahayanya penggunaan produk tanpa izin resmi,” ungkapnya.

Ia juga menghimbau masyarakat untuk selalu membeli produk di toko terpercaya dan memeriksa keaslian produk melalui logo SNI atau situs resmi BPOM. “Jika terdapat dugaan overclaim—klaim berlebihan tanpa bukti ilmiah, promosi menyesatkan, atau janji manfaat tidak realistis—BPKN siap melakukan investigasi,” tambahnya.

Dosen Hukum Perlindungan Konsumen, Dinda Silviana Putri, menegaskan bahwa konsumen yang dirugikan dapat melaporkan temuan mereka melalui mekanisme non-litigasi seperti mediasi, konsiliasi, hingga arbitrase. “Undang-undang perlindungan konsumen saat ini cukup memadai. Konsumen juga bisa mengecek legalitas produk melalui website resmi BPOM,” katanya.

Sementara itu, Johanes Dipa selaku panitia kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan memberi pencerahan dan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya mengenali produk legal. “Kami menghimbau konsumen untuk waspada terhadap overclaim atau over klip—promosi berlebihan yang tidak sesuai dengan kenyataan,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat menjadi lebih cerdas dan berhati-hati dalam memilih produk skincare demi kesehatan dan keselamatan diri. TOK

AirNav Indonesia Dukung Kementerian BUMN Dorong Penguatan Komunikasi Digital Lewat Workshop Media Sosial

Surabaya, Timurpos.co.id – Dalam upaya berkomitmen memperkuat peran komunikasi dalam tata kelola korporasi yang transparan dan berorientasi pada kepentingan publik, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didukung oleh AirNav Indonesia salah satu BUMN Layanan Navigasi Penerbangan menyelenggarakan Workshop Komunikasi, Melalui Media Sosial dengan Optimasi AI, pada 24–25 April 2025 di Palm Park Hotel Kota Surabaya.

Kegiatan ini dihadiri 125 peserta, terdiri dari para PIC Komunikasi, influencer BUMN, dan pimpinan regional dari berbagai wilayah antara lain dari, Jawa Timur (112 peserta), Jakarta (12 peserta), dan Jawa Barat (1 peserta). Workshop ini merupakan langkah strategis dalam mengakselerasi digitalisasi komunikasi BUMN yang inklusif
dan akuntabel.

Adapun tema di hari pertama, yaitu Penguatan Kapasitas Lewat Materi dan Praktik Lapangan. Workshop diisi
dengan sesi intensif bersama para pakar komunikasi digital dan teknologi, di antaranya, Putri Viola – Juru Bicara Kementerian BUMN: Komunikasi Efektif di Era Keterbukaan Informasi. Teuku Gandawan Xasir – Pengenalan dan Pemanfaatan AI dalam Strategi Komunikasi Digital. Reynaldi Francois – CEO Zando Agency dan Co-Founder Aico Community: Pembuatan Akun dan Konten Media Sosial Berbasis AI. Grahita Muhammad, VP Komunikasi PLN, Manajemen Tim Komunikasi yang Adaptif.


Hari kedua dilanjutkan dengan site visit ke tiga aset strategis BUMN:
1. Galangan Pelni Surya Surabaya
2. Rumah BUMN Surabaya
3. PT Petrokimia Gresik

Kunjungan ini menjadi bagian dari praktik langsung peliputan, produksi konten, dan storytelling berbasis lapangan, sebagai bentuk sinergi antara komunikasi digital dan dampak nyata BUMN bagi masyarakat.
Praktik ini memperkuat kemampuan peserta dalam menyampaikan pesan strategis dari BUMN, mulai dari unit operasional dan pelaksana teknis yang selama ini menjadi sumber utama narasi keberhasilan BUMN di tengah masyarakat.

Peran Komunikasi untuk Rakyat dan Asta Cita Penguatan fungsi komunikasi BUMN tidak hanya penting untuk tata kelola internal, tetapi juga berperan besar dalam menyampaikan program, manfaat, dan keberpihakan BUMN kepada masyarakat luas.

Ini sejalan dengan Asta Cita, yakni visi pembangunan nasional yang diusung Pemerintah Indonesia. Dalam konteks ini, komunikasi yang transparan dan partisipatif menjadi instrumen penting dalam menjaga
kepercayaan rakyat terhadap BUMN, dan juga AirNav Indonesia serta menjamin bahwa setiap kebijakan dan peran BUMN dapat dipahami, diterima, dan diawasi oleh masyarakat.

Melalui workshop ini, AirNav Indonesia menegaskan komitmennya dalam memperkuat kapasitas komunikasi digital insan kehumasan. Pemanfaat teknologi berbasi AI serta praktik langsung di lapangan diharapkan mampu mendorong inovasi, meningkatkan keterlibatan publik, dan membangun citra positif perusahaan di era komunikasi digital yang terus berkembang.

ENTANG AIRNAV INDONESIA adalah Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia (AirNav) merupakan lembaga dengan kepemilikan modal negara di bawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (KBUMN RI) yang didirikan tanggal 13 September 2012 berdasarkan amanat UU Nomor 1 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 77 tahun 2012 tentang Perum LPPNPI.

Sebagai satu-satunya penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia, AirNav bertugas untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan kelancaran operasional penerbangan di ruang udara Indonesia dan sejumlah ruang udara negara lain yang berbatasan dengan wilayah udara Indonesia.

Secara umum, AirNav mengelola ruang udara seluas 7.789.268 km2. Luasan tersebut dibagi menjadi 2 Flight Information Region (FIR) yang masing-masing dikelola oleh pusat pelayanan lalu lintas udara di
Jakarta dan Makassar. Di ruang udara seluas itu, berdasarkan data tahun 2019 (sebelum pandemi COVID-19), AirNav melayani rata-rata 6,125 pergerakan pesawat udara per harinya, baik yang sifatnya take-off/ landing, maupun penerbangan lintas (overflying) antar negara TOK